Tanya Jawab Kebudayaan (1)


Apa yang dimaksud dengan keperibadian?
Setiap manusia memiliki keperibadian. Keperibadian adalah susunann unsur-unsur akal dan jiwa yang menentukan perbedaan tingkah laku atau tindakan dari tiap-tiap individu manusia. Namun dalam bahasa lain keperibadian juga bisa berarti ciri-ciri watak seorang individu yang konsisten sehingga memberikan kepadanya identitas khusus. Keperibadian terdiri dari beberapa unsur keperibadian yaitu pengetahuan, perasaan dan dorongan naluri. Keperibadian dapat dibedakan menjadi keperibadian individu dan kepdibadian umum serta keperibadian barat dan keperibadian timur.

Apa yang dimaksud dengan masyarakat?
Sebagai homo socius (makhluk sosial), manusia tidak dapat hidup sendiri. Hal ini dikarenakan manusia dalam kehidupannya saling membutuhkan dan melengkapi. Oleh karena itu manusia selalu hidup dalam kelompok. Masyarakat pada dasarnya merupakan salah satu jenis kelompok sosial. Masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut siatu sistem adat istiadat tertentu yang besifat kontinyu dan yang terikat oleh suatu rasa identitas bersama. Dalam masyarakat ada beberapa unsur yang keberadaannya menjadi ciri dari masyarakat, yaitu adanya intraksi, kesatuan wilayah, kesatuan adat istiadat serta rasa loyalitas.

Dalam masyarakat terdapat beberapa pranata (institution, yaitu sistem norma atau aturan-aturan mengenai suatu aktivitas masyarakat yang khusus. Ada pennggolongan pranata-pranata dalam masyarakat, yaitu pranata yang berfungsi untuk memenuhi

  1. keperluan kehidupan kekerabatan
  2. keperluan untuk mata pencaharian hidup (secara ekonomi)
  3. keperluan pendidikan
  4. keperluan ilmiah manusia
  5. keperluan menyatakan rasa keindahan
  6. keperluan beragama
  7. keperluan mengelola kehidupan masyarakat
  8. keperluan untuk kepentingan fisik dan kenyamanan hidup.

Apa yang dimaksud dengan kebudayaan?
Kebudayaan berasal dari kata dasar budaya, sedangkan budaya berasal dari bahasa Sanskerta budhayyah, bentuk jamak dari buddhi yang berarti akal. Dengan demikian kebudayaan secara bahasa berarti hasil dari akal manusia. Secara istilah kebudayaan merupakan keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehiduapn masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.

Kebudayaan tesusun dari tiga wujud yang tiap-tiap wujud saling berinteraksi dan memengaruhi yang kemudian tersusun menjadi suatu sistem. J.J. Honingman  menyebutkan bahwa ada tiga gejala kebudayaan, yaitu ideas, activities dan artifacts. Selantnya gejala kebudayaan ini juga disebut sebagai wujud dari kebudayaan yaitu sistem budaya (ideas), sistem sosial (activities) dan kebudayaan fisik (artifacts).

Sistem budaya merupakan wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks dari ide-ide, gagasan-gagasan, norma-norma, peraturan-peraturan dan yang berhubungan dengan pikiran. Sementara itu, Sistem sosial yakni wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas kelakuan berpola dari manusia dalam bermasyarakat. Sedangkan kebudayaan fisik merupakan wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia.

Kebudayaan terdiri beberapa unsur yang disebut cultural universal, yaitu (1) bahasa, (2) sistem pengetahuan, (3) organisasi sosial, (4) sistem peralatan hidup dan teknologi, (5) sistem mata pencaharian hidup, (6) sistem religi dan (7) kesenian. Ketujuh unsur kebudayaan ini merupakan suatu kesinambungan dan di dalamnya terdiri dari wujud-wujud kebudayaan.
Apa yang dimaksud dengan suku bangsa?
Suku bangsa merupkan suatu golongan manusia yang terikat oleh kesadaran dan identitas akan “kesatuan kebudayaan”. Kesadaran itu diperkuat dengan penggunaan bahasa sebagai alat pemersatu dalam suku bangsa. Dalam satu suku bangsa biasanya memiliki satu kebudayaan, msialnya suku bangsa batak akan memiliki kebudayaan Dayak. Kebudayaan merupakan hasil dari masyarakat yang ada dalam suku bangsa. Dengan demikian suku bangsa memiliki kesamaan dengan kebudayaan. Tiap suku bangsa memiliki ciri khasnya sendiri sesuai degnan kebudayaan yang dianut. Kekhasan tersebut terwujud akibat adanya perberaan lingkungan, pola pikir serta kebutuhan dan juga dorongan insting.

Apa yang dimaksud dengan fluvial civilization?
Fluvial civilization berarti suatu peradaban yang terletak di delta sungai. Hal ini sangat dimungkinkan karena delta sungai merupakan daerah yang sangat subur, sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengolah lahan yang ada. Selain itu di daerah delta sungai ini memungkinkan masyarakatnya untuk menanggulangi tantangan yaitu banjir, sehingga ada perkembangan teknologi. Contoh peradaban di delta sungai antara lain peradaban Mesopotamia, Mesir, Cina, Mohenjodaro-Harappa dan lain-lain.

About tsabit.azinar.ahmad

Tsabit Azinar Ahmad, dosen "unthul" di Jurusan Sejarah, Universitas Negeri Semarang (Unnes). Alumni Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Memiliki minat dalam bidang pendidikan sejarah, sejarah kontroversial, sejarah kebudayaan dan kesenian, serta pedadogik kritis. Lihat semua pos milik tsabit.azinar.ahmad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: