Editorial Harian Rakjat 2 Oktober 1965


Karikatur pada Harian Rakjat

Karikatur HR 2 Oktober 1965

Harian Rakjat merupakan salah satu koran terbesar pada masanya. Oplahnya mencapai 60.000 eksemplar. Dari sekian banyak edisi, salah satu edisi yang paling kontroversial adalah edisi tanggal 2 Oktober 1965.  Oleh beberapa sejarawan, edisi pamungkas harian Rakjat ini dianggap sebagai tanda keterlibatan PKI dalam peristiwa G 30 S yang dipimpin oleh Letkol Untung. Berikut adalah saduran Editorial Harian Rakjat tanggal 2 Oktober 1965:

GERAKAN 30 SEPTEMBER

Tepat tanggal 30 September telah dilakukan tindakan penjelamatan terhadap diri Presiden Sukarno dan RI dari kup apa jang dinamakan Dewan Djendral. Menurut apa jang diumumkan oleh Gerakan 30 September jang dikepalai oleh Letkol. Untung dari Bataljon Tjakrabirawa penjelamatan diri Presiden Sukarno  dan RI dari kup Dewan Djendral adalah tindakan jang patriotik dan revolusioner.

Betapapun dalih jang digunakan oleh Dewan Djendral dalamusahanja melakukan kup adalah tindakan jang terkutuk dan kontrarevolusioner.

Kita  Rakjat memahami betul apa jang dikemukakan oleh Letkol. Untung dalam melakukan gerakannja jang patriotik itu.

Tetapi bagaimanapun djuga persoalan tsb. adalah persoalanintern AD. Tetapi kita Rakjat jang sedar akan politik dan tugas2 revolusi mejakini akan benarnja tindakan jang dilakukan oleh Gerakan 30 September untuk menjelamatkan revolusi dan Rakjat.

Dukungan dan hati Rakjat sudah pasti dipihak Gerakan 30 September. Kita serukan kepada seluruh Rakjat untuk mempertadjam kewaspadaan dan siap menghadapi segala kemungkinan.

About tsabit.azinar.ahmad

Tsabit Azinar Ahmad, dosen "unthul" di Jurusan Sejarah, Universitas Negeri Semarang (Unnes). Alumni Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Memiliki minat dalam bidang pendidikan sejarah, sejarah kontroversial, sejarah kebudayaan dan kesenian, serta pedadogik kritis. Lihat semua pos milik tsabit.azinar.ahmad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: