Pelatihan Penulisan Artikel untuk Jurnal Sejarah


Penulisan Jurnal Ilmiah Sejarah

Latar Belakang

Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang saat ini telah mengelola dua jurnal, yakni Paramita dan Historia Pedagogia. Saat ini tengah dikembangkan Indonesian Journal for Social Studies. Bahkan Jurnal  Paramita saat ini telah memperoleh peringkat akreditasi B berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor: 81/DIKTI/Kep./2011.

Namun demikian, kadangkala penulis yang mengirimkan naskah mengelami kendala teknis terkait dengan kaidah penulisan artikel. Oleh karena itu, perlu diselenggarakan lokakarya penyusunan artikel untuk diterbitkan dalam Jurnal Paramita, Historia Pedagogia, dan Indonesian Journal for Social Studies.

Kegiatan ini bermaksud memberikan akses yang luas bagi guru, dosen, peneliti, dan penulis dalam bidang sejarah dan pendidikan sejarah untuk menyebarluaskan pengetahuan melalui jurnal ilmiah. Dengan demikian, hal ini mendukung perkembangan dalam bidang sejarah dan pendidikan sejarah di Indonesia

Tujuan Kegiatan

  1. Memberikan pemahaman tentang karakteristik, tata aturan, dan kaidah jurnl bagi calon penulis.
  2. Memberikan kesempatan bagi calon penulis untuk  berkontribusi dalam penulisan Jurnal Paramita.

Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis, 1 November 2012. Bertempat di Gedung C7 Lantai 3, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Pukul 07.30 – selesai.

Apa Luaran yang Diharapkan dari Pelatihan?

  1. Dihasilkanya manuskrip-manuskrip untuk diterbitkan dalam Jurnal Paramita, Historia Pedagogia, dan Indonesian Journal for Social Studies.  yang disusun oleh peserta.
  2. Meningkatnya  mutu  artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Jurnal Paramita, Historia Pedagogia, dan Indonesian Journal for Social Studies dalam aspek substansi maupuan tata tulis.
  3. Peserta memahami karakteristik, tata aturan, dan kaidah yang dimiliki oleh Jurnal Paramita bagi calon penulis

Siapa Peserta Kegiatan?

Kegiatan diikuti oleh dosen-dosen sejarah dan pendidikan sejarah, Guru Sejarah, dan Guru IPS. peserta dibatasi sejumlah 150 peserta.

Bagaimana Bentuk Kegiatan Pelatihan ini?

Kegiatan terbagi dalam dua sesi, penyampaian materi dan pendampingan penyusunan manuskrip.

Siapa Pemateri dan Pendamping Pelatihan?

Pada sesi pertama, penyampaian materi dilakukan oleh Prof. Dr. Singgih Tri Sulistiyono, M.Hum. (Undip) dengan materi “Pengembangan Manuskrip dalam bidang Sejarah” dan  Prof. Dr. Wasino, M.Hum. (Unnes) dengan  materi “Karakteristik, Tata Tulis, dan Kaidah-Kaidah dalam Jurnal Sejarah”.

Pada Sesi kedua, peserta didampingi oleh tim yang berkualifikasi Doktor dan Magister untuk menyunting manuskrip.

Susunan Acara Pelatihan

07.30 – 08.00 Registrasi Peserta

08.00 – 08.30 Pembukaan Peserta

08.30 – 10.30 Penyampaian Materi

10.30 – 12.00 Pendampingan I

12.00 – 13.00 Ishoma

13.00 – 15.00 Pendampingan II

15.30 – selesai Penutupan

Berapa Biaya Pelatihan?

Peserta dikenai biaya sebesar Rp 150.000,- (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah). Pembayaran dapat dilakukan pada hari pelaksanaan atau transfer  a.n. Tsabit Azinar Ahmad di Bank BNI dengan nomor rekening 0249066832.

Apa Saja Fasilitas dalam Pelatihan?

Peserta mendapatkan masing-masing 1 (satu) eksemplar Jurnal Paramita dan Historia Pedagogia, materi, pendampingan dari ahli, kudapan, makan siang, sertifikat, dan prioritas untuk penerbitan artikel di jurnal kami.

Adakah Syarat untuk Mengikuti Pelatihan?

Tidak ada syarat khusus untuk mengikuti pelatihan. Akan tetapi, bagi peserta yang telah memiliki gagasan atau hasil penelitian disarankan untuk membawa hasil penelitian untuk dibahas dan dikembangkan menjadi artikel ilmiah.

Bagaimana Cara Mendaftar?

Pendaftaran peserta ditutup pada tanggal 28 Oktober 2012. Peserta diharapkan mendaftarkan diri melalui SMS ke panitia dengan mengetik REG_NAMA_INSTANSI ke 085641432978 (Tsabit Azinar Ahmad).

leaflet dapat diunduh di bawah ini.

pelatihan jurnal

About tsabit.azinar.ahmad

Tsabit Azinar Ahmad, dosen "unthul" di Jurusan Sejarah, Universitas Negeri Semarang (Unnes). Alumni Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Memiliki minat dalam bidang pendidikan sejarah, sejarah kontroversial, sejarah kebudayaan dan kesenian, serta pedadogik kritis. Lihat semua pos milik tsabit.azinar.ahmad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: