Mengajar Sejarah Indonesia Kuno


Candi Sewu. Sumber: alampramono.deviantart.com

Candi Sewu. Sumber: alampramono.deviantart.com

Di perkuliahan semester genap 2014/2015, saya dipercaya kembali untuk mengampu mata kuliah Sejarah Indonesia Kuno di Jurusan Sejarah, FIS Universitas Negeri Semarang. Perkuliahan ini diberikan kepada mahasiswa semester awal.

Perkuliahan ini diampu oleh tim dosen, di mana saya mendapatkan bagian mengampu enam pertemuan pertama. Pertemuan kesatu, saya mengisi dengan materi tentang hubungan jalur sutera, perdagangan internasional, dan masuknya pengaruh asing ke kepulauan nusantara. Pertemuan ini membahas seluk beluk jalur sutera dan perannya terhadap kemunculan emporium dan imperium di kepulauan nusantara. Pertemuan kedua, dilanjutkan dengan proses indianisasi. Di sini ada beberapa pertanyaan pokok yang didiskusikan: dari India sebelah mana pengaruh itu berasal? Kapan pengaruh tersebut masuk? Melalui media apa pengaruh tersebut tersebar? Siapa yang membawa pengaruh tersebut? Pertemuan ketiga kami membahas tentang Kutai sebagai salah satu kerajaan awal di kepulauan Nusantara. Pertemuan keempat didiskusikan tentang kerajaan Taruma. Sementara itu, pertemuan keenam dibahas tentang kerajaan Sriwijaya dan peninggalannya.

Dalam kesempatan ini, saya akan berbagi informasi kepada mahasiswa terkait paparan yang saya sampaikan. Berikut adalah slide power point yang saya buat untuk kepentingan perkuliahan.

1_pengantar 2_indianisasi 3_Kutai dan Taruma 4_Srivijaya

About tsabit.azinar.ahmad

Tsabit Azinar Ahmad, dosen "unthul" di Jurusan Sejarah, Universitas Negeri Semarang (Unnes). Alumni Pascasarjana Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Memiliki minat dalam bidang pendidikan sejarah, sejarah kontroversial, sejarah kebudayaan dan kesenian, serta pedadogik kritis. Lihat semua pos milik tsabit.azinar.ahmad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: